Inggris-Indonesia Luncurkan Pelatihan Pengusaha UMKM Hadapi Pandemi COVID-19

Pemerintahan inggris lewat uk-indonesia tech hub bersama kementerian pppa serta dan krealogi oleh du anyam mengeluarkan program training serta pengiringan secara daring ‘herfuture’.

Training ini diperuntukkan untuk pebisnis wanita rumah tangga di tengah-tengah imbas wabah virus corona covid-19.

Kedutaan besar inggris di jakarta menjelaskan. Program training secara daring ini diberi untuk pebisnis wanita dengan usaha mikro serta ultra mikro. Dengan umur 30-50 tahun.

Program itu akan dikerjakan di enam daerah marginal. Yaitu di lombok tengah. Rembang. Kendal. Bangka tengah. Cilegon. Serta palembang.

Direncanakan oleh uk-indonesia tech hub. Program herfuture mempunyai tujuan untuk memberikan dukungan misi pemerintahan indonesia dalam mendayagunakan ekonomi digital serta menggerakkan digitalisasi usaha mikro. Kecil. Serta menengah (umkm).

Tentang hal arah khusus uk-indonesia tech hub dengan diluncurkannya program itu. Yaitu buat tingkatkan literasi digital serta keamanan internet untuk beberapa peserta untuk memberikan dukungan pebisnis wanita. Supaya siap secara digital serta mengoptimalkan pemakaian tehnologi yang memberikan dukungan usaha mereka.

Arah ke-2 . Untuk menggerakkan perbaikan perekonomian dari imbas covid-19. Sesaat arah ke-3 ialah tingkatkan mata pencarian pebisnis wanita di posisi target.

Acara peluncuran program herfuture. Yang diadakan pada rabu (11/11/2020). Didatangi duta besar inggris untuk indonesia serta timor leste. Owen jenkins. Serta menteri pendayagunaan wanita serta pelindungan anak. Bintang puspayoga.

Tidak itu saja. Acara itu di ramaikan oleh 100 peserta.

Uk-indonesia tech hub bekerja bersama dengan kementerian pppa. Selaku partner pemerhati (observing partner). Serta krealogi oleh du anyam. Selaku partner eksekutor (implementing mitra) sebab ada kesesuaian di antara nilai serta arah.

100 pebisnis wanita yang menyebar di enam daerah berdasar referensi kemen pppa disaring lewat krealogi oleh du anyam. Selanjutnya nanti akan mengikut training literasi digital serta keuangan. 10 modul landasan ketrampilan non tehnis serta operasional untuk performa usaha mikro serta ultra mikro. Serta akses pasar.

Disamping itu. Fasilitator lokal di tiap daerah akan beperan selaku tutor yang menolong peserta untuk mengikut lokakarya daring dalam kelompok-kelompok kecil buat mengaplikasikan apa yang sudah mereka dalami ke dalam usaha yang lagi berjalan.

Peserta akan diberi peluang untuk menerapkan apa yang sudah didalami ke dalam pola kerja yang diberi dengan memakai pengalaman mereka sendiri sesudah mengakhiri training.

Krealogi oleh du anyam akan mengenalkan program krealogi untuk keberlanjutan program training untuk peserta. Krealogi adalah program intern yang ramah-pengguna buat menolong pengawasan operasional usaha berbasiskan data serta ambil keputusan.

Dalam menyongsong program herfuture. Duta besar inggris untuk indonesia serta timor leste. Owen jenkins. Sampaikan. “kerja sama ini memberi dorongan yang berarti untuk pebisnis wanita rasio rumah-tangga. Buat memberikan dukungan usaha pemerintahan indonesia dalam mendigitalkan usaha mikro. Kecil serta menengah (umkm) bersamaan dengan tuntutan wabahk yang mewajibkan pemercepatan pemakaian tehnologi”.

Disamping itu. Duta besar owen jenkins menjelaskan jika umkm mempunyai peranan penting dalam ekonomi indonesia. Dengan menyumbangkan 60 % dari produk lokal bruto (pdb) indonesia serta 97 % dari angkatan kerja.

“kami mengharap lewat program herfuture ini. Beberapa pebisnis wanita rasio rumah-tangga bisa tingkatkan ketrampilan literasi digital. Keamanan internet. Keuangan. Serta operasional untuk umkm. Inggris selaku pusat tehnologi serta digital di eropa bisa mainkan peranan vital untuk menolong pendayagunaan tehnologi yang buka kesempatan perubahan ekonomi di indonesia.” papar duta besar owen jenkins.

Tentang hal sambutan dari menteri pendayagunaan wanita serta pelindungan anak. Bintang puspayoga yang sampaikan:

“atas nama pemerintahan indonesia. Saya sampaikan animo serta penghargaan yang tinggi ke pemerintahan inggris lewat uk-indonesia tech hub serta du anyam atas kerja kolaborasi lewat aktivitas herfuture dalam memberikan dukungan kemen pppa menolong memberi jalan keluar ke beberapa wanita aktor usaha mikro/industri rumahan yang terimbas wabah covid-19. Serta menyiapkan mereka supaya sanggup berkompetisi di zaman digital”.

Disamping itu. Menteri bintang puspayoga mengharap jika program itu bisa buka kesempatan kerja sama seterusnya. Terutamanya dalam tingkatkan kemampuan wanita aktor usaha mikro/industri rumahan.

Program itu dia yakin bisa buka akses untuk memberikan dukungan usaha. Tingkatkan kualitas pengajaran mengenai literasi digital serta kesehatan keluarga. Dan memajukan pendayagunaan ekonomi wanita. Baik untuk keluarga atau sekitar lingkungan.

“saya yakin wanita indonesia sanggup melalui periode susah ini. Wanita berdaya. Anak terlindung. Indonesia maju.” katanya.

“keinginan dari program herfuture ialah kita mendapati ide pengiringan untuk usaha ultra-mikro serta mikro supaya mereka sanggup naik kelas cukup dengan manfaatkan tehnologi yang simpel.” kata co-founder serta chief of community development and partnership officer du anyam. Hanna keraf.

Hanna menjelaskan dianya serta khalayak luas pahami jika infrastruktur serta literasi digital belum rata di indonesia.

Tapi ada keinginan jika training semacam ini diberi secara teratur supaya pemilik usaha ultra-mikro serta mikro di semua indonesia khususnya yang wanita jadi terlatih dalam manfaatkan tehnologi.” paparnya.

“cara ini bisa juga tingkatkan pengetahuan mereka dalam literasi digital.” lebih hanna.

 

error: Content is protected !!