Jadi Presiden Terpilih AS, Joe Biden Mulai Jalin Komunikasi dengan Sekutu di Asia

Tiga pimpinan sekutu khusus amerika serikat (as) di teritori asia. Yaitu pertama menteri jepang yoshihide suga. Presiden korea selatan (korsel) moon jae-in serta pertama menteri australia scott morrison tergabung dengan beberapa pimpinan global yang lain memberikan selamat untuk prediksi kemenangan joe biden pada pemilu as.

Berdasar laporan dw indonesia. Kamis (12/11/2020). Sekian tahun jalinan di antara as serta sekutunya di asia pernah kacau-balau di bawah kepimpinan presiden donald trump.

Tetapi. Sekarang seluruh pihak mengatakan kemauan untuk perkuat jalinan bilateral serta menangani permasalahan global seperti wabah virus corona serta perombakan cuaca. Kata team kantor biden.

Pertama menteri jepang suga menjelaskan ia bicara dengan biden lewat telephone serta memverifikasi keutamaan jalinan bilateral.

“presiden yang diprediksikan menang pemilu as biden menjelaskan jika ia mengharap bisa perkuat koalisi as-jepang serta bekerja bersama untuk capai indo-pasifik yang bebas serta terbuka.” kata suga. Dalam tanggapan terpisah yang dibikin di kantor pertama menteri.

Banyak pimpinan dunia terhitung inggris. Prancis. Serta jerman dan yang lain sudah menyampaikan selamat ke biden atas prediksi menangnya. Sesaat china serta rusia selama ini belum memberikan perkataan selamat.

Pada rabu (11/11). Biden menunjuk ron klain selaku kepala staff gedung putih. Keputusan ini adalah pemilihan pertama biden dalam membuat pemerintahannya.

Anthony blinken. Seorang diplomat serta ajudan lama biden dipercaya selaku calon menteri luar negeri atau penasihat keamanan nasional. Di mana ke-2 kedudukan itu adalah peranan kunci untuk sekutu as di asia.

Bicara ke presiden korea selatan. Biden memperjelas kembali lagi loyalitas as untuk bela korsel serta menyorot sekutu di asia itu selaku “kunci keamanan serta kemakmuran teritori indo-pasifik.” kata jubir presiden moon. Kang min-seok.

“presiden moon minta kerja sama yang kuat untuk peningkatan koalisi bilateral berpikiran di depan. Serta denuklirisasi dan perdamaian di semenanjung korea.” kata kang.

”Biden menjelaskan ia akan bekerja bersama untuk mengakhiri permasalahan nuklir korea utara.” sambungnya.

Petinggi korea selatan mengharap biden akan selekasnya mengakhiri konflik berharga miliaran dolar berkaitan ongkos beberapa ribu pasukan as di semenanjung itu. Disamping itu. Perlakuan wabah covid-19 serta perombakan cuaca ialah topik khusus dalam panggilan telephone biden dengan ke-3 pimpinan itu.

Pm australia morrison menjelaskan ia bicara dengan biden mengenai tehnologi pengurangan emisi. Walau sasaran 0 emisi bersih di tahun 2050 tidak diulas.

“saya menyampaikan kecocokan penglihatan dengan presiden yang diprediksikan menang pemilu as. Berkaitan peraturan berkenaan tehnologi pengurangan emisi yang kami perlukan serta mengharap bakal ada kerja sama dalam permasalahan itu.” kata morrison ke reporter di canberra.

Baik moon serta suga menjelaskan mereka sepakat untuk mengendalikan tatap muka dengan biden. Tidak lama jika ia sah dikukuhkan pada januari 2021.

Biden akan hadapi rintangan untuk mengurus konflik politik serta ekonomi yang belum teratasi di antara korsel serta jepang. Yang sudah memberikan ancaman penataan pembagian intelijen militer serta menyulitkan usaha as untuk menantang china.

Presiden as dipilih joe biden menunjuk ron klain selaku kepala staff gedung putih. Klain ialah pengawal sekalian penasihat kampanye biden di pemilihan presiden tahun ini.

 

error: Content is protected !!